-->

Minggu, 10 Oktober 2010

Jurnalistik


JURNALISTIK INDONESIA

1.  MENYELAMI JURNALISTIK INDONESIA
A.  Arti dan Defenisi Jurnalistik
1.    Pengertian jurnalistik
·         Secara etimologis, jurnalistik berasal dari kata journ,dalam bahasa perancis yangartinya catatan atau laporan harian.
·         Secara sederhana jurnalistik diartikan  sebagai kegiatan yang berhubungan dengan pencatatan  atau pelaporan setiap hari.
·         Jurnalistit bukanlah pers,bukan juga media massa
·         Jurnalistik adalah kegiatan yang memungkinkan pers atau media massa bekerja  dan diakui eksistensinya dengan baik.
·         Dalam kamus , jurnalistik diartikan sebagai kegiatan untuk menyiapkan ,mengedit ,dan menulis untuk surat kabar,majalah ,atau berkala lainya .(assegaff, 1983:9).
·         Ensiklopedia  indonesia, jurnalistik adalah bidang profesi yang mengusahakan penyajian informasi tentang kejadian dan atau kehidupan sehari-hari (pada hakikatnya dalam bentuk penerangan , penafsiran , dan pangkajian )secara berkala , dengan menggunakan sarana- sarana  penerbitan yang ada (suhadang, 2004:22)
·         Leksikon komunikasi  dirumuskan , jurnalistik adalah pekerjaan mengumpulkan ,menulis , menyunting , dan menyebarkan berita dan karangan untuk surat kabar, majalah dan media massa lainya seperti radio dan televisi (krida laksana , 1977:44)
2.      Defenisi jurnalistik
Defenisi dari para ahli :
·         F.Fraser Bond, dalam an introduction to jurnalism (1961 :1)   Jurnalistik adalah segala bentuk yang membuat berita dan ulasan mengenai berita  sampai pada kelompok pemerhati. 
·         Roland    E  Wolseley dalam understanding magazines (1969 :3)  jurnalistik adalah pengumpulan ,penulisan ,penafsiran , pemrosesan , penyebaran informasi umum , pendapat pemerhati  hiburan umum secara sistemati k dan dapat dipercaya  untukditerbitkan disurat kabar ,majalah dan disiarkan di stasiun siaran (mappatoto, 1993:69-70)
·         Adi Negoro , j8rnalistik adalah semacam kepandaian mengarang yang pokoknya memberi pekabaran  pada masyarakat  dengan selekas- lekas nya   agar tersiar seluas luasnya (almar, 1984 :30)
·         Astrid  S. Susanto , jurnalistik  adalah kegiatan pencatatan dan atau pelaporan serta penyebaran  tentang kejadian sehari hari,(1986 :73)

Setelah memperhatikan  dan menyelami pendapat para pakar tersebut ,dengan segala kelebihan dan kekurangannya  masing masing, maka dapat disimpulkan  jurnalistik  adalah  kegiatan menyiapkan , mencari ,mengumpulkan ,mengolah  ,menyajikan , dan menyebarkan berita melalui media berkala kepada khalayak seluas luasnya dengan secepatnya .
B.   Bentuk Jurnalistik  
Dilihat dari segi bentuk dan pengelolaanaya ,jurnalistik dibagi menjadi 3 (tiga) bagian besar:
1.      Jurnalistik media cetak (newspaper and magazine journalism)
Ø  Dipengaruhi 2 faktor yaitu verbal dan visual
§  Verbal : menekan kan pada kemapuan kita memilih , menyusun kata dalam rangkaian kalimat  dan paragraf  yang efektif dan komunikatif.
§  Visual :  menunjukkan pada kemampuan kita dalam menata ,menempatkan , mendesain tataletak atau hal-hl yang menyangkut segi perwajahan
Ø  Dalam perspektif jurnalistik , setiap informasi yangdisajikan kepada khalayak bukan saja harus benar ,jelas dan akurat , melainkan juga harus menarik ,membangkitkan selera dan minat baca (surat kabar , majalah),selera dengar (siaran radio ) , dan selera  menononton  (televisi)
2.      Jurnalistik  media elektronik auditif (radio brodcast journalism )
Ø  Lebih banyak dipengaruhi dimensi verbal,teknologikal, dan fisikal.
§  Verbal : berhubungan dengan kemampuan  menyusun kata , kalimat , paragraf secara efektif dan komunikatif.
§  Teknologikal : berkaitan dengan teknologi  yang memungkinkan  daya pancar radio  dapat ditangkap dengan jelas dan jernih oleh pesawat radio penerima .
§  Fisikal :  erat kaitannya dengan tingkat kesehatan fisik dan kemampuan pendengaran khalayak   dalam menyerap dan mencerna setiap pesan kata atau kalimat yang disampaikan 
3.      Jurnalistik media elektronik audiovisual (television journalism)
Ø  Gabungan dari segi verbal ,visual , teknonologikal , dan dimensi dramatikal.
§  Verbal : berhubungan dengan kata- kata  yang disusun secara singkat , padat ,dan efektif.
§  Visual : lebih banyak menekankan pada bahasa gambar  yang tajam , jelas , hidup , dan memikat.
§  Teknologikal : berkaitan dengan daya jangkau siaran, kualitas suara , dan gambar yang di hasilakan  serta diterima oleh pesawat televisi penerim a dirumah - rumah .
§  Dramatikal bersinggungan dengan aspek serta nilai dramatik yang dihasilkan oleh rangkaian gambar yang dihsilkan secara simultan .inilah yang tidak dimiliki oleh media masa radio dan surat kabar .
C.   produk jurnalistik
Produk jurnalistik adalah surat kabar, tabloid , majalah, buletin, atau berkala lainya seperti radio ,televisi, dan media on line internet .namun tidak setiap surat kabar diseut produk jurnalistik ,surat kabar , tabloid , majalah ,dan buletin dapat digolongkan ke dalam tiga bagian besar : 
                                            I.            Berita (news)
                                          II.            Opini (views)
                                        III.            Iklan (advertising)
Dari ketiga kelompok besar tersebut  hanya berita (news ) dan opini (views) saja yang disebut produk jurnalistik
·         Kelompok berita (news) meliputi : berita  langsung  (straight news ) , berita menyeluruh (comprehensive news) , berita mendalam (depth news) ,pelaporan mendalam(depth reporting ) berita penyelidikan (investigative news) berita khas bercerita (feature news) berita gambar (photo news)
·         Kelompok opini (views) meliputi : tajuk rencana ,karikatur ,pojok, artikel ,kolom ,esai, dan surat pembaca.
·         Iklan (advertising) meliputi jenis dan sifat iklan seperti iklan produk barang dan jasa,iklan klelurga , seperti iklan duka cita, sampai kepada iklan layanan masyarakat




0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites